Wednesday, October 17, 2007

Pak Mien Titip Anas

Prestasi Anas Maulidi Utama di pentas dunia dalam IAO (International Astronomy Olympiad) XII yang berlangsung 29 September-7 Oktober 2007, di Simeiz, Crimea, Ukraina, mendapat sanjungan dan pujian dari berbagai kalangan. Termasuk dari ilmuan Nasional asal kabupaten Sumenep, Prof. Mien Ahmad Rifa’i B.Sc. M.Sc. Ph.D.

Secara khusus, kemarin Peneliti Senior LIPI ini memberikan ucapan selamat kepada Anas yang berhasil membawa pulang medali perunggu dalam event internasional itu. Anas yang didampingi Kepala SMP Negeri 1 Sumenep, Nurul Hamzah, dan Kordinator NSP, Yanuar Herwanto, bertemu Mien di Hotel Utami Sumekar.

Kepada koran ini, Mien mengaku ikut senang dan bangga dengan prestasi putra Madura yang belakangan ini mulai banyak dikenal masyarakat luas. "Saya sangat senang, ini membuktikan bahwa otak orang Indonesia tidak kalah," katanya.

Namun, mantan asisten Menristek RI tahun 1995-2000 ini mengharapkan prestasi Anas ini dapat memacu peningkatan prestasi pendidikan siswa yang lain. Untuk itu, dia menyarankan agar dalam peningkatan pendidikan di kabupaten ini, guru sebagai pendidik dapat memberikan peluang bagi anak untuk berkreatifitas sendiri. "Saya mengharapkan dalam pendidikan, siswa lebih banyak dilatih kreatifitas dan inovasi sendiri," katanya. Sebab, kata dia, dunia yang akan datang, merupakan dunia kreatifitas dan informasi. "Jadi siapa yang kreatifitasnya tinggi, maka mereka yang akan mampu bersaing. Sedangkan pola pendidikan sekarang masih lebih banyak siswa menjawab pertanyaan. Ke depan kita harapkan ada perubahan," tegasnya.

Diakhir pertemuan itu, Mien juga berpesan kepada Kepala SMPN 1 Sumenep untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan kepandaian Anas. "Anak seperti Anas ini perlu dipelihara. Orangnya pendiam, tapi dia ilmunya banyak," pesannya. (zr)

Sumber: Jawa Pos, Rabu, 17 Okt 2007

No comments:

Post a Comment