Sunday, October 07, 2007

Kepala Desa Perempuan Terakhir

Pelantikan kepala desa gelombang terakhir di Pendapa Ronggosukowati kemarin terasa sedikit istimewa. Sebab, satu diantara tiga kepala desa yang dilantik berjenis kelamin perempuan. Dia adalah Indriyani, 43, Kepala Desa Batu Kerbuy, Kecamatan Pasean.

Keistimewaan dimaksud bukan hanya terletak pada dilantiknya kaum perempuan sebagai pemimpin. Melainkan, pelantikan tersebut sekaligus menutup seluruh rangkaian pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di Pamekasan 2007.

Selain Indriyani yang dilantik sebagai kepala Desa Batu Kerbuy, ada dua kepala desa lain juga dilantik. Diantaranya, Kepala Desa Larangan Dalam, Kecamatan Larangan, Saliman dan Kepala Desa Bulangan Timur, Kecamatan Pegantenan, M. Wardi.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Bupati Pamekasan Drs Ach. Syafii sekitar pukul 09.00. Diawali dengan pengambilan sumpah, acara pelantikan dilanjutkan acara ramah tamah dan pemberian ucapan selamat kepada kepala desa terpilih dan keluarga.

Bupati Syafii dalam sambutannya meminta kepada kepala desa yang dilantik agar menjalankan amanah dengan baik. Menurut dia, kepala desa merupakan salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk memajukan desa dalam pembangunan. "Tentunya dengan bantuan dan kerja sama dengan semua pihak, kepala desa harus bertanggung jawab dalam memajukan desa. Di pundak saudara kepala desa terpilihlah kemajuan desanya masing-masing," ujar Syafii.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setkab Pamekasan M. Syakir mengatakan, pelantikan kepala desa tersebut merupakan pelantikan terakhir bagi kepala desa pada 2007. "Selanjutnya, bagi desa yang habis masa jabatannya setelah ini akan digelar pilkades dan pelantikan setelah pilkada 2008," katanya. Syakir juga mengatakan, pada 2007 dari sekitar 96 kepala desa yang sudah dilantik, beberapa diantaranya dijabat kaum perempuan. "Kalau tidak salah jumlah kepala desa perempuan mencapai 13 kepala desa yang tersebar di beberapa kecamatan," ungkapnya.

Sementara itu, Indriyani kepada wartawan mengatakan, pihaknya siap melaksanakan pembangunan di desanya. "Kita berharap pelantikan ini menjadi awal kehidupan baru bidang tata pemerintahan di desa, utamanya di Batu Kerbuy. Mudah-mudahan semua pihak bersatu untuk membangun desa ke depan," katanya. (zid)

Sumber: Jawa Pos, Minggu, 02 Sept 2007

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home