Friday, October 16, 2009

Identik Madura, Mas Kawin Yenny Sepuluh Sapi

Bagi masyarakat Madura, sapi tidak sekadar binatang. Namun juga kesatuan budaya dengan Madura. Karena itu, Dhohir Farisi memberikan mas kawin 10 sapi ke Yenny Wahid.

"Pengantin pria memberikan 10 ekor sapi, karena sapi identik dengan orang Madura. Karena itu binatang piaraan orang Madura," kata Humas Panitia Pernikahan Yenny-Farisi, Akuat Supriyanto di kediaman Gus Dur, Jakarta, Kamis (15/10).

Ia menuturkan, Dhohir juga masih merupakan orang Madura. Dijelaskan Akuat, dalam adat pernikahan Madura selalu menyerahkan sapi sebagai mas kawinnya.

"Sebagai tanda kesiapan membangun kehidupan rumah tangga. Jadi sudah punya modal," ujarnya.

Sapi-sapi tersebut, lanjut dia, akan diserahkan secara simbolis melalui sertifikat kepemilikan. Selain itu, dalam acara seserahan akan diberikan perhiasan emas, perlengkapan shalat dan perlengkapan wanita lainnya.

Menurutnya, pernikahan Yenny-Farisi ini menggunakan adat Surakarta. Sehari sebelumnya, ia mengatakan, di kediaman Gus Dur dilangsungkan acara, seperti masang bleketepe yang dilakukan oleh Gus Dur langsung dan serangkaian adat lainnya.

"Kemarin waktu acara adat Yenny itu pake baju kebaya jadul, karena ingin seperti pernikahan ibunya dulu. Dan yang musti diingat ini adalah mantu pertama Gus Dur yang punya trah NU. Karena Farisi sejak kesil suka nganterin majalah NU pake sepeda di Probolinggo," terang Akuat. [jib]

Sumber: inilah.com, 15/10/2009

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home