Monday, November 19, 2007

Proyek Tak Sesuai RAB Dibenahi

Pejabat (Pj) Bupati Sampang, Drs Chusnul Arifien Damuri MM MSi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah proyek fisik tahun 2007 yang tengah dikerjakan oleh para rekanan. Hasil pantauan dilapangan beberapa proyek masih ada yang belum memenuhi kualitas, namun secara keseluruhan jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Chusnul, sidak tersebut merupakan bagian dari perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu proyek dan shock terapi bagi pihak rekanan jika ditemukan penyimpangan proyek yang tak sesuai bestek. Sehingga akan menjadi catatan khusus bagi dinas teknis terkait, untuk memberikan peringatan dan pembenahan terhadap proyek fisik itu.

”Hasil kesimpulan dilapangan, kualitas pekerjaan proyek tahun ini ternyata jauh lebih baik, karena kita benar-benar cukup ketat dalam melakukan pemantauan. Bahkan ketika ada laporan dari masyarakat tentang proyek yang tak memenuhi persyaratan teknis, maka kita langsung menurunkan tim untuk melakukan pembenahan dan memberikan peringatan keras terhadap rekanan,” tegas Chusnul, di sela-sela pemantau sejumlah proyek dilapangan, Kamis (8/11).

Dia menandaskan, pihaknya menaruh perhatian khusus terhadap proyek balai desa, mengingat proyek tersebut merupakan salah satu agenda proyek percontohan yang dia canangkan selama menjabat Pj Bupati. Rencananya apabila proyek itu selesai akhir Desember, akan diresmikan langsung gubernur Jatim.

Diakuinya, memang ada sejumlah proyek yang menyimpang tak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Untuk itu tim dinas teknis terkait akan memberikan peringatan keras bagi rekanan yang mengerjakan proyek tersebut dan memberikan catatab merah diakhir pelaksanaan nanti. Sehingga ditahun berikutnya, para rekanan akan lebih hati-hati dalam mengerjakan proyek fisik itu.

”Kita menemukan ada beberapa proyek yang tak memebuhi persyaratan teknis misalnya, proyek pembangunan gedung SMP 2 Sokobanah yang mengunakan pasir lokal, padahal dalam RAB tidak boleh mengunakan bahan tersebut. Namun meski bersumber dari dana APBN, tapi tetap akan menegur ddan melakukan pembenahan," katanya.

Berbagai proyek yang dipantau antara lain, proyek rehab Puskemas Omben, jalan hot mix kabupaten yang menghubungkan Kec. Omben-Kec. Karang Penang, plengsengan di Kec. Karang Penang, Gedung SMP 2 Sokobanah, sejumlah proyek balai desa, serta pembangunan Puskemas Sokobanah dan Batu Lenger. (rud)

Sumber: Surabaya Post, Jumat 09/11/2007

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home