Saturday, November 10, 2007

Duga Dijual

Bantuan Benih Jagung kepada Petani

Program bantuan benih jagung dari pemerintah kepada petani diduga diselewengkan. Benih jagung yang seharusnya dibagi cuma-cuma, ditengarai diperjualbelikan. Temuan ini diungkapkan Presidium Sumenep Corruption Wacth (SCW), Fathorrahem. Diungkapkan, berdasarkan hasil penelusuran SCW, ternyata jual beli bantuan benih itu terjadi di beberapa desa. Antara lain, terjadi di Desa Meddelan, Kecamatan Lenteng; dan Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding. "Ketika kami tanya kepada salah satu 'penjual', per kilo (benih jagung) dijual seharga Rp 5 ribu dengan alasan untuk ganti ongkos kirim," ungkapnya.

Dia menengarai, jual beli bantuan benih itu terjadi di banyak tempat. Alasan dia, berdasarkan investigasi SCW ke sejumlah desa di beberapa kecamatan, kelompok tani yang terdaftar ternyata ada yang fiktif. Dijelaskan, rencana dasar kebutuhan kelompok (RDKK) diduga dibuat tidak berdasarkan pada data tanah yang tercantum dalam surat pemberitahun pajak terhutang (SPPT). "Kami menengarai RDKK itu dikarang oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL)," ujarnya.

Fathorrahem mengaku memiliki cukup bukti bahwa RDKK itu dibuat oleh PPL. Padahal, seharusnya RDKK itu dibuat oleh kelompok tani berdasar pada kebutuhan petani sendiri. "Ini jelas sebuah penyimpangan yang bisa diproses secara hukum," tandasnya.

Yang lebih memrihatinkan lagi, katanya, yang terjadi di lapangan PPL membuat RDKK berdasarkan pesanan produsen bibit tertentu. Indikasinya, ada petani yang mengaku belum pernah mendengar jenis dan merk bibit yang dipesan dalam RDKK.

"Akibat data yang dibuat asal-asalan, luas areal tanam pada tiap-tiap petani tidak diketahuai secara pasti. Ini mengakibatkan petani menerima lebih banyak dan sebagian lain tidak kebagian," jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, dia menduga kuat bantuan benih jagung tersebut tidak memiliki dampak terhadap upaya meningkatkan kesejahteraan petani. Sebab, penyaluran benih juga terlambat diterima petani. "Lihat saja, di desa-desa masih menanam benih jagung lokal yang mereka upayakan sendiri," ujarnya.

Kepala Bidang Sumber Daya dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sumenep Abd. Ghafour ketika dikonfirmasi mengaku belum mendapatkan informasi tentang benih jagung batuan yang dikomersialkan tersebut. Dia berjanji akan menyelidikinya.

Tentang dugaan adanya kelompok tani fiktif yang tercantum dalam daftar penerima bantuan benih, Ghafour tidak memberikan tanggapan apa pun. Begitu juga ketika disampaikan data bahwa di Desa Payudan Daleman, Kecamatan Guluk-Guluk, dari empat kelompok tani yang terdaftar hanya satu kelompok yang jelas ada ketua dan anggotanya, dia juga tidak menanggapinya. "Yang pasti, areal tanam yang tertuang dalam RDKK sudah betul karena disusun berdasarkan data statistik," jelasnya.

Soal keterlambatan distribusi bantuan benih jagung, menurut dia, untuk wilayah Sumenep daratan telah sampai seluruhnya. Demikian pula untuk kepulauan telah sampai, kecuali untuk Kecamatan Sapeken yang akan dikirim menunggu kapal Perintis. "Prediksi kita hujan baru akan turun pertengahan November. Tapi ternyata hujan turun di awal bulan. Sehingga petani keburu menanam," ujarnya. (zr)

Sumber: Jawa Pos, Sabtu, 10 Nov 2007

41 Comments:

At 1:17 AM , Anonymous Anonymous said...

This is a good tip especially to those fresh to the blogosphere.
Brief but very accurate information… Many thanks for sharing this one.
A must read post!

Here is my web site weight loss products

 
At 1:20 AM , Anonymous Anonymous said...

Hey I know thіs is off topic but I was wondering if you knew of any
widgets I could add tօ my blog that automatically tweet my newest twitter
updates. I've been looking for a plug-in like this for quite some tіme and was hoping maybe you would have some
experience with sometҺing like this. Please
let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and Ӏ look forward to your neա updates.


Feel free to visit my weblog :: low maintenance landscaping

 
At 1:47 PM , Anonymous Anonymous said...

Today, I went to the beach front with my kids. I found
a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She placed the shell to her ear and
screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
She never wants to go back! LoL I know this
is completely off topic but I had to tell someone!

Feel free to surf to my blog ... Watch The Identical Online

 
At 10:33 PM , Anonymous Anonymous said...

Your outlook on life I have found is insightful and instructive.

A method by which the audience does not feel pushed into
feeling they have to choose a certain party.
You have a true ability so please continue
the good work!

My web blog: e Juice

 
At 9:23 AM , Blogger Beberoq Goreng said...

Mantap artikelnya gan
Upcoming Movies of July 2016

 
At 11:52 AM , Anonymous jual obat herbal said...

a nice post

 
At 3:44 PM , Anonymous Blanchard Hersey Leadership Model Situational said...

Fathorrahem mengklaim memiliki bukti cukup bahwa RDKK dibuat oleh PPL. Bahkan, harus RDKK dibuat oleh kelompok berdasarkan kebutuhan petani itu sendiri. "Ini jelas merupakan penyimpangan yang bisa dituntut," katanya.

 
At 5:07 PM , Blogger jasacateringsurabaya.blogspot.com said...

Nice post!

Butuh Jasa Catering? Kunjungi blog kami Jasa Catering Surabaya

 
At 3:29 PM , Anonymous Useful Mandolin Slicer said...

Nice share article, give me more information. thanks you so much.

 
At 9:40 AM , Blogger Unknown said...

BBM theme
BBM theme
BBM theme
BBM theme
BBM theme
BBM theme
BBM theme

 
At 1:55 AM , Anonymous Anonymous said...

Waduh itu sangat tidak baik sekali. Kacau

Kunjungi juga postingan saya gan Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Zika

 
At 2:01 PM , Anonymous pengoolongan obat said...

Thats good article... i like it, thanks..
Penggolongan Obat Lengkap

 
At 5:33 PM , Anonymous Android Review Center said...

Informasi yang sangat berguna, terima kasih. salam persaudara,an

berita seputar Android dan Gadget, kunjungi blog saya: Harga Android Terbaru

 
At 2:23 PM , Blogger tipscaraalami.com said...

Thanks a million and please keep up the
gratifying work.

Look into my blog..

Manfaat air putih
Manfaat susu kambing etawa
Manfaat lari pagi
Manfaat jambu biji
Manfaat buah pinang
Manfaat labu siam
Manfaat buah bit
Manfaat buah belimbing
Cara menghilangkan bau mulut
Penyebab bau mulut

Thank you for sharing the info

 
At 11:29 AM , Blogger Unknown said...

definisi konflik sosial

 
At 9:58 AM , Anonymous Anonymous said...

informasi yang bermanfaat..

Strategi investasi jangka panjang

 
At 3:10 PM , Blogger Unknown said...

Handle Pintu Rumah Kuno Minimalis

 
At 1:05 PM , Blogger bang jul said...

masuk akun bbm About allegations of fictitious farmers' groups listed in the list of beneficiaries of seeds, Ghafour did not give any response. Likewise, when the data is found in pertamna solusi bahan bakar berkualitas the village delivered Payudan Daleman, District Guluk-Guluk, four farmer groups registered only one group is clearly a chairman and members, he also did not respond. "To be sure, the planting area contained in RDKK are correct as compiled based on statistical data," he explained.

 
At 11:30 PM , Anonymous Anonymous said...

Nice articles.. Thanks for sharing

Learn about Forex

 
At 8:32 PM , Anonymous Contoh Surat Lamaran Kerja said...

terima kasih atas informasinya..

 
At 5:09 PM , Anonymous akun line lama said...



Ingatlah bahwa LINE ID sangat penting sehingga teman Anda dapat menambahkan teman dengan akun LINE Anda. Tapi bagaimana jika akun LINE Anda dihapus atau dihapus? Tentu semua kontak teman dan data game line akan terhapus atau hilang juga. Kali ini saya akan membagikan cara mengembalikan ID LINE yang dihapus, pertimbangkan hal berikut.

Berikut ini ditujukan untuk akun LINE yang dihapus bukan karena perubahan telepon dan sebagainya, yang membuat data akun LINE Anda aktif, dan juga untuk akun yang sudah memiliki ID LINE (Read Compliance LINE) . Akun LINE sengaja dihapus nanti untuk menggunakan LINE lagi perlu melakukan registrasi ulang atau membuat akun baru, cara membuka aplikasi Line, kemudian LANJUTKAN dan masukkan HP aktif Anda saat ini dan menggunakannya pada HP. Masukkan kode verifikasi yang dikirim LINE ke telepon Anda melalui SMS Ketik nama baris dan upload foto Anda. Kemudian daftarkan email anda! Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan LINE ke email yang Anda daftarkan. Kemudian, setelah akun baru, pilih menu OTHER -> SETTINGS -> ACCOUNTS Kemudian pilih "ID" untuk mendaftarkan ulang ID LINE yang sebelumnya Anda gunakan. Pertama, masukkan line ID dan periksa, jika ID baris ini tidak digunakan setelah menghapus akun baris, akun tersebut dapat didaftarkan dengan memilih CHECK -> SAVE. Dengan menggunakan ID lama, teman Anda masih bisa menemukan akun Line Anda.

Cara mengembalikan akun line lama Untuk pendaftaran: setelah baris ID ini, daftar ulang kontak LINE yang akan dihapus di akun lama akan muncul di akun baru ini namun tidak secara langsung namun bertahap. Tapi untuk LINE data akun game tidak bisa dikembalikan. Semoga sukses dan semoga bermanfaat.

 
At 3:05 PM , Anonymous ubah password google said...

Equalitarianism, for me, is not an idea (or ideology) that eliminates differences among people, such as races, sexes, physical or mental quality, or each individual differences, but an idea (or idealism) that respects (or even protect, from some perspectives) such differences.

 
At 3:07 PM , Anonymous masuk line menggunakan akun lama said...

I agree, yunyi. True equality means the right to be oneself, however different or similar to others.

 
At 11:47 AM , Blogger Mujib said...

Jasa edit foto jadi kartun

 
At 9:29 AM , Anonymous Mengatasi laptop panas tanpa software said...

Parah memang kelakuan para pejabat negara di negeri ini. Semua dana yang seharusnya dinikmati oleh seluruh rakyat malah dinikmati sendiri. Mau jadi apa negeri ini jika pejabatnya seperti itu. Masalah e-ktp yang ngga ujung2 kelar malah kpk nya di terror. Payah.
cek kecepatan flashdisk

 
At 8:30 PM , Anonymous Jamal said...

hadeh,,, memang gitu kelakuan...
Kalo pengen belajar ternak jangkrik, boleh mampir di Cara ternak jangkrik termudah

 
At 8:05 PM , Blogger Unknown said...

gawat juga itu ya.. indikasi korupsi itu pak!

Lihat blog baru saya di >>> BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker BdDomino

 
At 1:01 AM , Blogger Tyan Aditya said...

parah banget,, sumpah gak nyangka
Here i have some great tips for your phones
How to Flash all Xiaomi
How to Flash all Samsung
How to Flash all Sony Xperia
How to Flash all Lenovo

 
At 11:55 PM , Anonymous Anonymous said...

Great. Thanks for sharing

Here is my blog post Ulang Tahun
Here is my blog post Dapur Enya
Here is my blog post Desain Interior Rumah
Here is my blog post Lirik Kunci Gitar Lagu
Here is my blog post Resep Menu Makanan dan Minuman
Here is my blog post Download Lagu
Here is my blog post Hanasui Naturgo

 
At 1:42 AM , Anonymous Daftar Hp Android said...

terimaksih sharingnya gan, silahkan berkunjung balik bagi yang ingin membangun
rumah minimalis, atau tentang berita islam, bisa juga gosip artis, atau sekalian berita hp android

 
At 7:10 AM , Blogger Admin said...

Nice post...
Visit my blog posts please...
biaya umroh bulan januari
biaya umroh bulan desember
biaya umroh bulan februari
biaya umroh bulan maret
biaya umroh bulan april
biaya umroh bulan mei
biaya umroh bulan ramadhan
biaya haji onh plus
keutamaan umroh
Thank you...

 
At 2:06 PM , Blogger Unknown said...

parah Kepala Bidang Sumber Daya dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sumenep Abd. Ghafour ketika dikonfirmasi mengaku belum mendapatkan informasi tentang manfaat daun katuk untuk pria batuan yang dikomersialkan tersebut. Dia berjanji akan menyelidikinya.

 
At 8:56 PM , Blogger Adeline said...

Thank you for the information is very useful for us all ..
not only I need, but many people are looking for information about all this.
=========================
[+] Beauty Tricks
=========================
[+] best makeup transformation 2018

 
At 8:52 PM , Anonymous teor said...

Cara Hack Whaff Reward Terbaru 2018
Cara Cheat Mobile Legends 1 Hit Mati Terbaru 2018
Cara Mendapatkan Uang Simcity Buildit Terbaru 2018
Cara Hack Mobile Legends Tanpa Verifikasi Terbaru 2018

 
At 3:10 AM , Anonymous Anonymous said...

best artycle and love this home views loans Beautiful Garden Designs In Pictures

 
At 1:15 PM , Anonymous Anonymous said...

Kumpulan Doa

 
At 10:30 AM , Anonymous Anhisa said...

Jagung menjadi komoditas utama tak kalah penting dengan padi. Sehingga perlu usaha maksimal untuk mendapatkan panen yang melimpah

 
At 10:44 AM , Blogger anwari said...

anwari.web.id

 
At 4:12 PM , Blogger Alin Stilo said...

peluang usaha di saat pendemi covid-19
ide bisnis 2020

 
At 2:18 PM , Anonymous Burung Liar said...

nice article
Perkutut Lokal Alam
Beautiful Birds In Nature

 
At 2:20 PM , Anonymous Nature View said...

Keep posting, bro :)

Cute Small Bird

Suara Panggilan Trucukan

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home