Monday, November 19, 2007

SM Diundang ke Istana

Kelompok musik perkusi SM (Semut Ireng) Pamekasan dijadwalkan tampil di istana negara bulan depan. Pasalnya, SM dinilai memukau saat tampil di hall D2 JIE (Jakarta Internasional Expo) di Kemayoran Jakarta 11 Nopember lalu.

Seperti diberitakan media, pemerintah menyelenggarakan Asian Choir Games (ACG) yang terpusat di Kemayoran. Pada acara ini, 13 negara berpartisipasi. Di antaranya, Asutralia, China, Philipina, India, Jepang, dan Korea. Turut serta dalam ACG tersebut duta dari negeri jiran Malaysia, Rusia, Thailand, Vietnam, Singapura, Srilanka, dan Indonesia. Saat closing ceremony ACG 11 Nopember lalu, kelompok musik SM diundang untuk memainkan musik, menari, dan menyanyi.

Ketika itu, SM menampilkan Kerraban Sape, Tonduk Majang, dan Gellang Ro’om. Selain itu, SM unjuk gigi dengan mempersembahkan musik perkusi ul-dual, saronenan, dan lagu-tari daerah lainnya. Berawal dari penampilan tersebut, SM dipercaya tampil di istana bulan depan.

Humas SM Abdul Hannan mengatakan undangan dari pemerintah pusat turun ke provinsi. Dari provinsi, dia bilang berlanjut ke Pamekasan dan diterima kelompok perkusi SM. Sebelum ke istana, dia katakan SM dijadwalkan tampil di Semarang bersama seniman serba bisa Didik Nini Towok. "Alhamdulillah Kami terus mendapat apresiasi," katanya.

Jeda sebelum bertolak ke istana, dia akui SM saat ini terus berlatih. Lebih-lebih, lanjutnya, setelah mendapat kiriman alat musik (perkusi) tambahan dari luar negeri (zimbi, frag, dan maracas).

Dia berharap esksistensi musik etnik Pamekasan dapat berkibar tak saja di regional dan nasional. "Kami masih terobsesi menembus manca negara, seperti saman dari Aceh." (abe)

Sumber: Jawa Pos, Sabtu, 17 Nov 2007

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home