Tuesday, December 11, 2007

Kejar Target Pembangunan Suramadu

Sisi Madura Dianggarkan Rp 145 M

Pembangunan jembatan Suramadu terus dikebut. Ini untuk mengejar target selesai pada akhir tahun 2008. Pengerjaan fisik pada tahun 2007 harus selesai menancapkan 15 pilar dari 45 pilar yang direncanakan. Dan untuk pengerjaan tiang, melebihi target dari rencana 76 tiang, karena kini sudah terpasang 78 tiang. "Pengerjaan fisik pembangunan jembatan Suramadu, jalan terus. Pada tahun ini kita menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa, malah ada pekerjaan yang melebihi target. Keinginan kita memang lebih, agar target akhir 2008 jembatan Suramadu bisa selesai," kata Kasatker Pembangunan Suramadu sisi Madura, Ir Siswo Dwianto, Senin (10/11).

Pekerjaan lainnya yang akan dikerjakan kata Siswo adalah pengerjaan bentang jembatan. Pengerjaan bentang yang sudah diselesaikan saat ini sudah 33 bentang. Kurang 12 bentang dari total 45 bentang yang direncanakan. "Untuk tahun 2008 kita sudah mengajukan anggaran dana ke pemerintah sebesar Rp 145 milliar. Dana yang bersumber dari APBN itu untuk pembuatan balok dan plat, serta pembuatan pilar yang masih kurang," ujarnya. Ada balok sekitar 12 dan plat, rencananya kan 22 balok. Untuk pilarnya sisi Madura sudah ada 23 pilar. "Insya Allah pekerjaan sesuai dengan rencana," ungkapnya. Soal kendala di lapangan, Siswo menegaskan pengerjaan Suramadu berjalan lancar. "Alhamdulillah tidak ada hambatan. Saya optimis akhir 2008 bisa selesai dan semuanya komplit,” katanya optimis.

Sementara pemerintah pusat menjamin pembangunan jembatan Suramadu terus sesuai dengan rencana. Pemerintah melalui APBN menyiapkan anggaran untuk pendanaan pembangunan jembatan yang menghubungkan Jawa – Madura ini. Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum (Men PU) Djoko Kirmanto, dalam suatu kesempatan di Jakarta. "Tidak ada masalah, jembatan Suramadu jalan terus. Anda lihat sendiri tidak ada yang macet, kan ?" katanya.

Selama ini sebagian masyarakat meragukan komitmen pemerintah pusat untuk mengucurkan dana bagi kelanjutan jembatan Suramadu, dimentahkan Menteri Djoko Kirmanto. Pemerintah pusat tetap mem-back up, dana pembangunan jembatan Suramadu. "Saya lupa berapa dana yang dianggarkan. Di APBN tidak ada masalah," katanya menyebutkan berapa besar anggaran yang disiapkan pemerintah pusat.

Dengan komitmennya pemerintah pusat dengan pendanaan, Djoko Kirmanto yakin jembatan Suramadu akan selesai tepat waktu. "Akhir 2008 jembatan itu sudah selesai. Approch bridge, causeway, dan main bridge dikerjakan. Main bridge dikerjakan pemborong dari Cina," ungkap Menteri tersenyum.

Data teknis Departemen PU, jembatan Suramadu sepanjang 5,438 km dengan lebar 30 meter. Terdiri dari lajur kendaraan roda empat dan roda dua, juga lajur darurat. Jalan pendekat sisi Madura 11,5 km dan sisi Surabaya 4,35 km. (kas)

Sumber: Surabaya Post, Senin 10/12/2007

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home