Friday, September 14, 2007

Pantai Lombang Jadi Tujuan Wisata

Pesona keindahan Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, benar-benar mendunia. Ini dibuktikan dengan kehadiran 34 turis dari mancanegara. Para turis asal Amerika, Inggris dan negara Eropa lainnya itu menghabiskan malamnya di pantai Lombang selama dua hari, 17-18 Agustus 2007. Hari ini rencananya wisatawan asing yang berdomisili di Jakarta ini kembali ke Jakarta. Kehadiran expatriate itu menjadi peserta wisata minat khusus yang disponsori Remote Destinations Tour and Travel. "Wisata minat khusus ke Pantai Lombang ini spesial sekali. Saya katakan ini (wisata minat khusus, Red) ekslusif. Saya akui, Pantai Lombang memiliki keunikan dan pesona yang sangat luar biasa yang tidak ada bandingannya di belahan dunia," ujar Leksono Santoso, direktur Remote Destinations Tourism yang mengatakan bahwa paket wisata minat khusus itu sudah memasuki tahun keenam sejak 2002.

Menariknya, para 'pengelola' wisata minat khusus menyulap sebagian lokasi Pantai Lombang mirip hotel. Lantai ruangan dibiarkan tetap alami, yakni pasir pantai. Ada ruang makan, ruang santai, ruang tidur yang dibuat apik. Sedangkan atapnya memanfaatkan ranting pohon cemara udang. Selain itu, penataan ruangan dikelilingi gedhek terbuat dari bambu dengan tinggi 2 meter. Sementara M. Farid Saleh, koordinator kegiatan budaya dan objek wisata, mengatakan, ruangan "dadakan" itu dibuat memakan waktu 12 hari. Ia mengaku sengaja membuat ruangan seapik mungkin, sehingga muncul kesan etnis dan alami. "Biar tamu senang," singkatnya.

Pintu masuk untuk memasuki ruangan menggunakan pintu kayu yang penuh ukiran khas Madura. Begitu pula kursi, meja, dan tempat tidur yang ada di ruangan. "Lihat hiasan lampunya juga disesuaikan dengan tempo dulu. Kesannya naturalis kan?" ujar pria separuh baya itu di sela-sela acara malam. Sedangkan kegiatan untuk menghibur turis melibatkan warga Sumenep. Misalnya tari-tarian, saronen, musik gamelan, kerapan sapi, prosesi sapi sono’, serta kegiatan budaya lainnya. Tak lupa, memperingati HUT RI ke-62, Remote Destinations Tourism juga menggelar kegiatan agustusan, seperti tarik tambang, panjang pinang, sepak bola mini, voli pantai. (ras)

Sumber: Jawa Pos, Minggu, 19 Agt 2007

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home