Monday, July 28, 2008

Golput Diprediksi 35 Persen

Putaran Kedua Tim Sukses Lebih Berperan

Di Bangkalan, diprediksi golongan putih (golput) alias tidak mencoblos hanya sekitar 35 persen. perkiraan ini didasarkan atas data rekapitulasi sementara yang dilakukan KPUD Bangkalan dari PPK kecamatan.

Demikian diungkapkan Ketua Pokja Pendataan, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada KPUD Bangkalan Ir Taufikurrahman, saat ditanya besarnya golput pada Pilgub Jatim, kemarin. "Prediksi kami, kemungkinan untuk golput sekitar 35 persen atau paling tinggi 40 persen," kata pria yang akrab disapa Taufik ini.

Menurut Taufik, angka golput yang cukup lumayan ini bukan berarti ketidaksuksesan KPUD sebagai pelaksana pilgub. Sebaliknya, menjadi tanggungjawab bersama dari semua elemen masyarakat untuk menyukseskannya. "Kami hanya pelaksana saja," tandasnya.

Dijelaskan, ada beberapa analisa atau dugaan dari tingginya angka golput tersebut, salahsatunya yakni sikap pragmatis masyarakat yang lebih memilih untuk melakukan aktifitas mencari penghidupan daripada datang ke TPS hanya untuk mencoblos.

"Dugaan kedua, mungkin masyarakat tidak begitu mengenal figur yang dicalonkan. Dan kemungkinan lain, bisa saja dari kedekatan emosional. Artinya, dibanding pesta demokrasi pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah dan wakilnya, mungkin pemilihan gubernur dianggap masyarakat tidak menyentuh langsung pada kepentingan mereka. Tapi ini dugaan saya saja. makanya, kita nanti mempelajari berdasarkan data apa penyebab dari golput ini," paparnya.

Apakah golput pada putaran kedua akan lebih tinggi? "Saya belum bisa memprediksi. Kesuksesan itu tanggungjawab kita bersama. Termasuk para tim sukses pasangan calon. Bagaimana mereka bisa lebih mengenalkan dan mensosialisasikan calon yang diusungnya," kata Taufik.

Sementara itu, hingga pukul 18.00, data perolehan suara pilgub yang di setorkan PPK ke KPUD masih 17 PPK kecamatan. "Tinggal PPK Labang yang masih belum masuk," tandasnya. (rd)

Sumber: Jawa Pos, Minggu, 27 Juli 2008

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home