Monday, January 28, 2008

Kubu Muhammadong Walk Out

Surya, Mohammad Idris, saksi dari kubu pasangan Muhammadong - Razak Hadi, menolak proses penghitungan suara Pilkada Bangkalan, yang dilakukan di Kantor KPUD Jl Veteran, Minggu (27/1). Mohammad Idris merasa keberatan terhadap pelaksanaan pilkada, yang dinilai terjadi sejumlah kecurangan di lapangan tetapi tidak ada tindakan dari KPUD.

Meski tidak bersedia memerinci bentuk pelanggaran yang dikeluhkannya, namun Idrs menyatakan pihaknya sekarang sedang mempersiapkan tim pengacara untuk menggugat KPUD, selaku penyelenggara Pilkada Bangkalan. "Kami ke luar dari tempat perhitungan ini sudah kami bicarakan bersama dengan tim pengacara kami. Persoalan kemarin dan sekarang saksi lain ada yang tanda tangan, itu urusan mereka," katanya.

Sebaliknya, kubu Hamid-Hosyan, tidak mempersoalkan hasil perhitungan suara. Mereka justru mengakui keunggulan pasangan incumbent, dan menerima kekalahan dengan lapang dada, sekaligus berjanji tidak akan melakukan gugatan. "Kami menilai pilkada sudah berjalan dengan demokratis. Dan kami berterima kasih kepada masyarakat Bangkalan, yang telah menyukseskan pilkada. Persoalan kalah menang, merupakan risiko dari demokrasi," kata Syaifullah, saksi kubu pasangan dr Hamid - Hosyan Muhammad.

Sementara dalam perhitungan suara di KPUD, ternyata hasilnya tidak jauh beda dengan perhitungan cepat yang dilakukan tim pemenangan PKB dan Jaringan Mahasiswa Pemantau Pilkada (JMP2). Hasil perhitungan resmi KPUD Bangkalan, pasangan RKH Fuad Amin - KH Syafik Rofii, berhasil mendulang 373.422 suara (80,79%). Urutan ke dua diperoleh Ir H Muhammadong-KH. Razak Hadi, yang diberangkatkan koalisi Partai Demokrat-PDI Perjuangan dengan 71.584 suara (15,49%). Sedangkan calon asal PPP dr HA. Hamid Nawawi-H. Hosyan Muhammad dengan total 17.204 (3,72%).

Ketua KPUD Bangkalan, KH Jazuli Nur mengatakan proses penghitungan suara dan penetapan pemenang, sudah sesuai jadwal tahapan Pilkada. Hasil akhir tidak ada masalah, karena sudah ditanda tangani seluruh saksi dari masing-masing pasangan calon. (st30)

Sumber: Surya, Monday, 28 January 2008

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home