Wednesday, February 27, 2008

Proyek Kali Kemuning Diusut

Sungai Jadi Makin Dangkal

Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang, Basuki Wirawan SH, menyatakan, pihaknya tengah melakukan pengusutan tentang dugaan penyimpangan proyek normalisasi Kali Kemuning, sebesar Rp 750 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2007.

Penyeldikan itu berdasarkan temuan Komisi C DPRD Sampang, mensinyalir proyek tersebut tak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB).

"Namun kita masih dalam tahap penyelidikan berupa pengumpulan data dengan meminta keterangan dari sejumlah pihak. Jika hasil dari pendalaman kasus tersebut ternyata ditemukan adanya unsur penyimpangan, maka tidak menutup kemungkinan akan ditingkatkan menjadi penyidikan," ungkap Basuki, dihubungi Minggu (24/2).

Lebih lanjut Basuki mengatakan, Syaiful Anwar, Kasubdin Program, Dinas Pengairan, selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), sudah dimintai keterangan terkait dugaan penyimpangan proyek tersebut. Berdasarkan keterangan yang disampaikan Syaiful, pengerjaan pengerukan kali Kemuning memang belum selesai, karena masih dalam tahap pemeliharaan, sehingga menjadi tanggung jawab rekanan.

"Dalam waktu dekat, kita akan memanggil Hj Saudah, Direktur CV Purna Indah, rekanan yang mengerjakan proyek itu. Untuk dikonfrontir dengan keterangan Syaiful, serta meminta kejelasan sejauh mana indikasi penyimpangan proyek itu. Mengingat kita telah mendapat surat perintah (Sprint) dari Kepala Kejaksaan (Kajari), agar mengusut tuntas kasus tersebut," tegasnya.

Bahkan pihaknya berjanji juga memanggil Komisi C, guna melengkapi pengumpulan data. Karena kasus itu mencuat berawal dari temuan anggota legislatif, tentang adanya dugaan proyek yang tidak sesuai bestek. Berdasarkan temuan Komisi C, mengungkapkan volume pekerjaan pengerukan membuat kali menjadi lebar, padahal seharusnya dari dangkal menjadi dalam.

Akibat kesalahan tersebut, mengakibatkan proses pendangkalan semakin parah. Karena lumpur hasil pengerukan oleh rekanan justru dibuang ke tengah kali. Padahal, jika dilaksanakan sesuai dengan ketentuan RAB, proyek normalisasi kali Kemuning tersebut, sangat bermanfaat untuk menanggulangi bencana banjir yang kerap melanda kota Sampang waktu musim hujan. (rud)

Sumber: Surabaya Post, Minggu 24/02/2008

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home