Monday, April 14, 2008

Akbar-Wiranto Duduk Bareng di Ketapang

Dua tokoh politik nasional, Akbar Tandjung dan Wiranto, kemarin bertemu di Kecamatan Ketapang, Sampang. Keduanya duduk bersama bukan terkait urusan politik. Tapi menghadiri undangan Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman Habib Alwi Ba’agil.

Di antara ribuan orang yang hadir, tampak Bupati Sampang Noer Tjahja, Kasdim Mayor Ach. Rifai, dan Wakapolres Sampang Kompol Suparman SH. Juga hadir cawagub Ridwan Hisyam.

Di kediaman Habib Alwi, Akbar dan Wiranto terlihat akrab. Keduanya duduk berdampingan. Baik saat menikmati masakan maupun sebelum memberikan sambutan.

Usai acara Mauludan, Bupati Noer Tjahja mendapat kesempatan pertama memberi sambutan. Disusul Akbar Tanjung, lalu Wiranto. Dalam sambutannya, Akbar lebih banyak menyampaikan sosok Rasulullah. Sedangkan Wiranto mengupas sejarah dan teladan Rasulullah.

"Kedatangan saya kemari (Ketapang, Red) bukan sebagai ketua partai atau politis. Tapi sebagai sahabat yang diundang pada acara Maulid Nabi SAW. Sebab, persahabatan saya dengan Habib (Habib Alwi Ba’agil, Red) sudah berlangsung lama sebelum saya memiliki jabatan, sebelum menjadi Pangab," kata Wiranto.

"Yang baik adalah seperti ini, bersahabat tidak memandang jabatan atau pangkat," tambah pria yang digadang menjadi presiden oleh Partai Hanura ini.

Sementara cawagub Jatim yang diusung PDIP Ridwan Hiysam yang ditanya soal peluang dalam pilkada Jatim tampak percaya diri bisa meraih suara lebih di Madura. "Dari sekian calon yang sudah pasti, hanya saya yang memiliki darah keturunan dari Madura. Sementara sikap parternalistik orang Madura itu tinggi," dalihnya.

Sebelum ke Ketapang, siangnya Wiranto hadir dalam peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di gedung Bakorwil IV Madura di Jalan Slamet Riyadi. Setelah itu, dia mengunjungi beberapa pondok pesantren. Pada malam harinya, ketua umum Partai Hanura ini menghadiri pelantikan 18 PAC Partai Hanura di Bangkalan.

Sementara Akbar Tandjung sebelum menghadiri Maulud Nabi di Ketapang, pagi hingga siang hari menjadi pembicara dalam Open Talk Grand Desain Madura Pasca-Suramadu di Kampus Unijoyo, Kamal, Bangkalan. (rd/mat)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 14 Apr 2008