Monday, April 21, 2008

Persiapan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Pamekasan 2008-2013

Dibatasi, Puluhan Karangan Bunga Ditolak

Hari ini bupati-wakil bupati Pamekasan, Kholilurrahman-Kadarisman Sastrodiwirjo, yang terpilih pada pilkada 5 Maret lalu dilantik. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyukseskan acara besar itu. Apa saja?

Wajah Pendapa Ronggosukowati di Jalan Pamong Praja terlihat cantik dan menawan. Beberapa dekorasi penuh aksesoris dan bunga dipasang di beberapa sudut. Empat tenda eksklusif yang didominasi warna merah putih terpasang di depan pendapa.

Hamparan karpet merah juga terlihat di beberapa sudut. Utamanya di dalam pendapa. Termasuk, di bawah empat tenda ekslusif di depan pendapa. Baliho plastik di bagian depan makin mempercantik perwajahan di sekitar pendapa.

Ratusan kursi dipasang rapi di beberapa sudut. Mulai dari dalam hingga luar pendapa di bawah tenda eksklusif. Khusus bagian dalam, kursi yang ditata mengesankan kemewahan, berbeda dengan kursi yang dipasang di bawah tenda.

Begitulah pemandangan yang terlihat di Pendapa Ronggosukowati kemarin sore. Tempat berlangsungnya pelantikan bupati-wakil bupati terpilih itu memang lebih cantik dibandingkan biasanya. Maklum, selain dalam rangka pelantikan juga menyesuaikan dengan ragam acara yang akan dihadiri tokoh-tokoh regional dan nasional.

Menurut catatan di panitia, di ring I (di areal pelantikan) dibagi tiga tempat khusus untuk undangan. Yakni, VIP A, VIP B, dan undangan biasa.

VIP A akan ditempati undangan high class. Mereka yang akan menempati lokasi ini mulai dari menteri PDT (Pembangunan Daerah Tertinggal), pejabat dari beberapa kementrian, gubernur Jawa Timur dan pejabat pemprov, muspida se Bakorwil IV Madura. Termasuk juga Kapolwil Madura, Sekkab se wilayah Madura.

Sedangkan di VIP akan ditempati oleh keluarga besar bupati-wakil bupati terpilih, DPRD Pamekasan, tiga asisten Sekkab Pamekasan. Ditambah pejabat di lingkungan pemkab, para hakim PN, jaksa di kejari, KPU, panwaslu hingga tokoh masyarakat.

Dan, di undangan biasa akan ditempati beberapa pihak. Seperti keluarga besar bupati-wakil bupati terpilih, para Kapolsek dan Danramil, pengusaha, hingga kalangan LSM, dan wartawan. "Jumlah total undangan mencapai 1.600 orang. Rinciannya, sebanyak 774 undangan biasa, 105 undangan VIP A, dan sisanya VIP B," ujar Yudi, salah satu petugas pendapa.

Selain pemandangan dekorasi yang memukau dengan dukungan aksesoris dan bunga, ada pemandangan menarik lainnya. Seperti deretan karangan bunga yang dipasang di sisi kanan lokasi pelantikan. Jumlahnya belasan.

Menurut seorang staf pendapa, jumlah karangan bunga itu akan lebih banyak jika tidak dibatasi oleh pemkab. "Karangan bunga dibatasi paling lambat pukul 09.00 tadi pagi (kemarin, Red) masuknya ke areal pelantikan. Setelah itu, tidak diperbolehkan lagi," katanya.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang pengusaha karangan bunga, Jamal. Menurut dia, pemesan karangan bunga mencapai 30 orang. Namun, yang bisa dilayani hanya 10 orang. Semuanya berasal dari instansi, baik negeri dan swasta.

"Coba mungkin dibatasi sampai nanti malam (tadi malam, Red), mungkin masih bisa," katanya.

Karena itulah, Jamal mengaku terpaksa menolak pemesanan karangan bunga dari beberapa instansi pemerintah dan swasta. "Kebetulan memang ada juga yang pesan mendadak kepada kami. Sehingga, tidak memungkinkan selesai sebelum jam 09.00," jelas Jamal.

Secara terpisah, Sekkab Pamekasan Djamaludin Karim selaku ketua pelaksana pelantikan mengatakan, pihaknya memang sudah mengatur sedemikian rupa pelaksanaan pelantikan. Itu dilakukan agar pada saat pelaksanaan tidak ada masalah.

"Secara prinsip, kita sudah siap melaksanakan pelantikan. Persiapan kita bisa dikatakan sudah 90 persen," ujarnya melalui saluran telepon kemarin sore. (AKHMADI YASID)

Sumber: Jawa Pos, Senin, 21 Apr 2008

1 Comments:

At 2:37 PM , Blogger Perfumes said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Perfume, I hope you enjoy. The address is http://perfumes-brasil.blogspot.com. A hug.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home