Thursday, December 04, 2008

Suhu Politik di Madura Naik

Pasca putusan Mahkamah Konstitusi yang memerintahkan perhitungan dan pemilihan ulang diprediksi akan memancing eskalasi suhu politik di tiga kabupaten Madura. Sedangkan Polda Jatim sudah menyiapkan 13 ribu personel untuk pengamanan di pulau garam tersebut.

Ketua Desk Pilkada Jatim, Chusnul Arifien Damuri mengatakan pihaknya bakal memberi perhatian penuh terutama dalam hal keamanan. Seperti ditulis sebelumnya, MK memerintahkan perhitungan ulang di Kabupaten Pamekasan dan pemilihan ulang di Kabupaten Sampang dan Bangkalan. ”Prediksi kita (desk pilkada) tentunya kedua belah pihak akan berjuang habis-habisan supaya bisa menang disana,” ujarnya. ditemui wartawan Selasa (2/12).

Mengenai anggaran yang dialokasikan untuk pengamanan, Chusnul mengaku belum bisa memastikan. Pihaknya baru akan melakukan koordinasi antara KPU Jatim, Panwas dan Polda Jatim terkait pelaksanaan coblosan di Pulau Madura. ”Mengenai jumlah personel dan anggaran yang disiapkan, masih dirapatkan dulu,” tukasnya.

Dengan kondisi semacam ini, maka pihaknya berharap ada perhatian khusus dari aparat keamanan untuk menjamin kestabilan keamanan di dua kabupaten itu. Apalagi pelaksanaan pemilihan ulang akan menyedot perhatian nasional. Dia pun berharap ada pengamanan khusus agar situasi tetap kondusif. ”Tapi kita harap tidak sampai berdarah-darah,” ujarnya.

Di sisi lain, Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Majid Tawil mengatakan Polda sudah menyiagakan 13.457 personel yang terbagi dalam tiga wilayah. Yaitu Polwil Madura yang menyiapkan 2.847 personel, 5.484 personel dari Polwiltabes Surabaya serta 5.126 personel dari Polda Jatim.

Dikatakannya, jumlah ini merupakan personel yang sudah disiagakan sejak pilgub putaran pertama lalu. ”Tapi untuk coblosan ulang, memang kita fokuskan untuk di Pulau Madura,” tandasnya.

Kepala Penerangan Kodam V Brawijaya, Letkol Moenharto menambahkan pihaknya juga menyiapkan sejumlah personel untuk membantu pengamanan pelaksanan pilkada ulang di Madura. Setidaknya satu kompi pasukan 516 dan Yon Raider juga bakal diturunkan untuk ikut mengamankan.

Sumber: Surabaya Post, Rabu, 3 Desember 2008

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home